Beranda Agropolitan Layani 18 Ribu Peserta JKN, PKM Ini Minim Fasilitas

Layani 18 Ribu Peserta JKN, PKM Ini Minim Fasilitas

MESKI melayani lebih dari 18 ribu peserta JKN, namun Puskesmas Air Lais masih mengalami banyak kekurangan fasilitas.

PADANG JAYA RU – Puskesmas (PKM) Air Lais Kecamatan Padang Jaya ternyata miliki peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) terbesar di Provinsi Bengkulu.

Namun dari jumlah pelayanan dengan jumlah besar, tidak diimbangi dengan sarana fasilitas yang memadai. Hal ini diungkapkan Kepala PKM Air Lais, Sopian Sori, A.Md.Kep. S.Km kepada RU di ruang kerjanya.

Sopian menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu untuk melayani masyarakat, misalnya Puskesmas Keliling sudah ada 2 unit ambulan, tenaga dokter 2 orang dan setidaknya melayani 12 jenis pelayanan.

“Semua ruangan sudah kita fungsikan untuk melayani masyarakat, rata rata per hari 80 – 100 pasien yang kami layani,” jelasnya.

Ketika lebih jauh digali pertanyaan terkait berbagai pelayanan serta aset gedung pelayanan, pihaknya tidak menampik kurangnya gedung untuk melayani masyarakat yang ingin berobat ke Puskesmas yang dipimpinnya.

“Memang benar, mengacu Perkemenkes, seharusnya ada penambahan gedung, melihat jumlah peserta JKN kita mencapai 18 ribuan, artinya terbanyak setelah Curup,” ungkapnya.

Lebih jauh Sopian menceritakan, seperti ruang UGD belum ada, kemudian ruang persalinan masih menggunakan rumah dinas dokter.

“Semoga kedepan, melalui dana APBN, sarana pendukung pelayanan bisa diwujudkan,” harapnya.

Disisi lain, anggota Komisi 1 DPRD BU, Tomi Sitompul disinggung terkait kondisi sarana PKM Air Lais, pihaknya sudah mendapat laporan, Ia juga sudah meminta proposal sebagai bahan ajuan ketika melakukan kunker ke Kemenkes RI mendatang.

“Sudah kita minta proposal untuk bahan ajuan kami, ketika kunker, supaya bisa dibangun menggunakan APBN,” demikian Tompul. (sir1)