Beranda Metropolis Pemdes Tanjung Putus Bagikan Bibit Pinang Batara

Pemdes Tanjung Putus Bagikan Bibit Pinang Batara

PEMDES Tanjung Putus membagikan bibit pinang barata untuk peningkatan ekonomi warga.

KERKAP RU – Langkah kongkret dalam melaksanakan pembangunan desa dan mensejahterakan warga, terus dilakukan oleh pemerintah Desa Tanjung Putus, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara. Salah satunya dengan mengajak warganya membudidayakan pinang.

Melalui dana desa (DD) tahun 2019, Kepala Desa Tanjung Putus, Kusinda Heriyanto menyebut, pemdes meluncurkan program peningkatan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan bibit pinang batara untuk setiap rumah warga desanya.

Kepada RU, Kusinda mengatakan, pengadaan bibit tersebut sengaja dilakukan untuk menyempurnakan program DD pada dua tahun sebelumnya.

“Di tahun 2017 dan 2018, kami memiliki program pemberdayaan masyarakat dengan memberikan barang yang hanya bisa sekali makan dan habis. Tapi tahun ini kita rubah dengan pemberian bibit unggul pinang batara,” jelas kades.

Bibit tersebut dibagikan sebanyak 8 bibit untuk satu rumah warga, pada Minggu (12/1/2020) kemarin. Ia berharap, jika bibit tersebut ditanam.

Dalam 1,5 tahun kedepan, masyarakat bisa panen dan mendapatkan tambahan ekonomi keluarga dari tanaman tersebut.

“Jadi pola pikir masyarakat kita rubah untuk tidak hanya menerima instan saja. Tapi, kita minta mereka berusaha.

Dengan usaha menanam pinang batara tersebut, insyaAllah bisa menjadi tambahan rutin keuangan keluarga secara berkelanjutan,” jelas kades.

Dalam kesempatan itu, ia juga menambahkan, bibit tersebut merupakan bibit dengan kualitas terbaik yang dipesan dari Lampung.

“Seharunya sudah kami bagikan pada tahun 2020 kemarin. Tapi karena pengirimannya lambat, maka baru kali ini bisa kami bagikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kusinda juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu suksesi realiaasi program penanaman bibit pinang batara ini.

“Semua itu tak lepas dari dukungan, perangkat desa, BPD dan juga Babinsa Koramil Kerkap, serta Bhabinkamtibmas yang ada,” tandasnya. (sfa)