Penggali Kubur Dapat Bantuan Sembako

BENGKULU RU – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu, Senin (18/05) menyalurkan bantuan sembako untuk kelompok penggali kubur di daerah yang turut terdampak Corona Virus Disease (Covid-19).

Menurut Plt Kajati Bengkulu, Tatri Adriani Manurung, SH, MH, penggali kubur memiliki peran penting dalam penanganan Covid-19. “Kita tahu bahwa ada beberapa yang meninggal dengan proses pemakamannya menggunakan protokol Covid-19, jadi kita ingin memberikan perhatian kepada penggali kubur ini.

Selama ini penggali kubur hampir luput dari perhatian dan kerap tidak mendapat bantuan,” ungkap Tantri.

Padahal, lanjut Tantri, penggali kubur merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap penularan Covid-19 karena banyak memakamkan jenazah yang diduga terpapar.

“Mereka ada dibagian paling belakang dan sering tidak tampak, tapi mereka bekerja dengan resiko yang tinggi karena ada yang dimakamkan dengan protokol Covid-19,” katanya.

Ia menambahkan, selain kelompok penggali kubur, pihaknya juga memberikan bantuan sembako ke jurnalis dan warga yang membutuhkan lainnya. “Ada juga para janda, tukang parkir dan orang-orang lainnya yang memang membutuhkan ditengah pandemi ini,” ujar Tantri.

Sementara itu, salah satu penggali kubur, Mujiman mengaku senang mendapat bantuan sembako dari Kejati Bengkulu. Ia berharap kedepan tidak hanya dari kejaksaan, tetapi pemerintah daerah juga memberikan perhatian kepada kelompok penggali kubur.

“Pemerintah diharapkan juga lebih memperhatikan kami, karena kami juga bekerja dengan resiko terkena Covid-19,” singkatnya. (tux)

__Terbit pada
19 Mei, 2020
__Kategori
Kota Bengkulu