Beranda Daerah Sejahterakan Masyarakat Melalui BUMDes

Sejahterakan Masyarakat Melalui BUMDes

BUMDes diharapkan mampu mendongkrak kemajuan desa dan meningkatkan kesejahteraan warga.

PENARIK RU – Desa Bukit Makmur Kecamatan Penarik, siap menyejahterakan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi nama Jaya Makmur (JM).

Pasalnya, berbagai kebutuhan harian masyarakat akan disediakan melalui BUMDes yang dikelola oleh kelompok masyarakat tersebut.

Meskipun tahapan pembangunan Sekretariat BUMDes belum rampung 100 persen, namun berbagai usaha telah dilakukan di Desa Bukit Makmur.

Diantaranya bergerak di bidang perdagangan jual beli beras, menyewakan alat Molen untuk cor/kerja bangunan dan simpan pinjam.

Ketua BUMDes Desa Bukit Makmur, Supri Suyanto menegaskan, pihaknya tidak memungkiri jika BUMDes Jaya Makmur belum bisa memberikan kontribusi banyak kepada masyarakat.

Namun dia meyakini dengan tekat kebersamaan, BUMDes bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Terlebih, BUMDes yang menjadi fokus adalah di bidang jual beli beras dan telah berjalan.

“Kita mengadakan rapat bersama dan bersiap untuk terobosan BUMDes masa depan yaitu menghidupkan potensi wisata Air terjun. Di bidang simpan pinjam, pemberian modal kepada masyarakat tani juga sudah dilakukan.

Dengan metode bayar setiap panen (yarnen) kerjasama dengan perbankan. “Memang baru kita mulai, plafonnya tidak terlalu besar tapi, ini sangat membantu masyarakat kususnya petani.

Begitu juga bagi masyarakat yang profesinya sebagai petani/pekebun. Tinggal bagaimana cara pengurus BUMDes meyakinkan kepada bank supaya bisa berkembang pesat,” imbuhnya. (oye)